Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pesantren?
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Total Quality Management (TQM) menjadi acuan dalam pengelolaan lembaga pendidikan yang berbasis kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas implementasi Total Quality Management (TQM) di lembaga pendidikan pesantren. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Sumber data penelitian terdiri dari sumber primer dan sekunder. Data-data penelitian tersebut dikumpulkan dengan cara mengumpulkan buku-buku dan jurnal-jurnal tentang Total Quality Management (TQM) yang kemudian dipilih, disajikan dan dianalisis secara sistematis dan kritis. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Berdasarkan kajian ditemukan bahwa implementasi Total Quality Management (TQM) di pesantren dilakukan dengan mengangkat “mutu” sebagai strategi usaha yang diorientasikan pada kepuasan pelanggan dengan berlandaskan pada nilai-nilai agama Islam. Demi kepentingan tersebut, alat dan teknik mutu digunakan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah secara kreatif demi pencapaian mutu pesantren. Berdasarkan kajian disimpulkan bahwa Total Quality Management (TQM) dapat menjadi strategi untuk mengelola lembaga pendidikan pesantren berbasis kualitas.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arcaro, J.S. (1995). Puakity in Education. An Implementation Hand Book. Diterjemahkan oleh Yosal Iriantara. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip -prinsip Perumusan dan tata langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Falah, M. (2009). Riwayat Perjuangan K. H. Ahmad Sanusi. Sukabumi: Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Sukabumi.
Hadi, S. (1995). Metodologi Research Jilid IV. Jogjakarta: Andi Offset
Hamidi, C. A. (2019). Management Model Oriented to Customer Satisfaction (TQM) in Gontor Islamic Boarding School (Study Case in Gontor Kampus 7). Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1). 166-188.
Hariyanto & Minhaji. (tt). Total Quality Management Berbasis Pesantren. Jurnal. Situbondo: Fakultas Tarbiyah IAI Ibrahimy Situbondo.
(Kajian Perspektif Pengelolaan Pendidikan Pesantren)
Kho, B. (2018). Pengertian Flowchart (Diagram Alir) dan Simbol-simbolnya. Diakses dari https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-flowchart-diagram-alir-dan-simbol-simbolnya/.
Kusnadi, E. (2011). Fishbone Diagram dan Langkah-Langkah Pembuatannya. Diakses dari https://eriskusnadi.com/2011/12/24/fishbone-diagram-dan-langkah-langkah-pembuatannya/.
Muhadjir, N. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Muhith. (2018). Quality Culture Of Islamic Boarding School. International Journal of Research –Granthaalayah, 6 (10), 25-37.
Nasution, MN. (2000). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Quickstart. (2014). Force Field Analysis (FFA). Diakses dari http://quickstart-indonesia.com/force-field-analysis-ffa/.
Rahmi, (2015). Total Quality Management dalam Memajukan Pendidikan Islam. Intelektualita, 3 (1). 1-14.
Sallis, E. (2002). Total Quality Management in Education Third Edition. London: Kogam Page.
Sanusi, A. (2014). Pembaharuan Strategi Pendidikan, Filsafat, Manajemen,
dan Arah Pembangunan Karakter Bangsa. Bandung: Nuansa Cendikia. 184-185.
Snyder, C.R. Susie C. Sympson, Florence C. Ybasco, Tyrone F. Borders, Michael A. Babyak, & Raymond L. Higgins. (1996). Development and Validation of the State Hope Scale. Journal of Personality and Social Psychology. 1-26.
Suharyo. (2015). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Sistem Pendidikan, permasalahan dan Pemecahannya. Didaktika Islamika, 5 (1). 98-108.
Supriyanto, A. (1999). Total Quality Management di Bidang Pendidikan. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Sutarto. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (MMT-TQM) Teori dan Penerapan di Lembaga Pendiddikan.Yogyakarta: UNY Press).
Syarifah, L. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Niẓāmul`Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 1-21.
Ukas, M. (1997). Manajemen (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi). Bandung: Ossa Promo.