Penulisan Iqro bil Qolam dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Annisa Rabiatul Adawiyah
Cecep Yazid Al-Bustomi
Dewi Nurul Aulia
M Luthvi Junaedi
Siti Suci Nabila P
Siska Dwi S
Muhammad Ridwan Fauzi

Abstract

Al-Quran dan Hadist merupakan sumber ajaran Islam dan pedoman hidup bagi umat Islam. Dalam proses pembelajaran al-Qur’an tentunya tidak lepas dari permasalahan yang berbeda-beda. Salah satu metode yang dapat meningkatkan pendidikan karakter pada peserta didik yaitu dengan adanya penulisan lembaran mushaf Iqro Bil Qolam. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan membuat catatan lapangan. Untuk menganalisi data yang diperoleh, peneliti menggunakan analisis data kualitatif. Dalam prakteknya, penulisan ini menekankan guru dan peserta didik untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menarik, sehingga kemampuan siswa dalam menulis dan membaca menigkat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adawiyah, A. R., Al-Bustomi, C. Y., Aulia, D. N., Junaedi , M. L., Nabila P , S. S., Dwi S, S., & Fauzi, M. R. (2023). Penulisan Iqro bil Qolam dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 23-31. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/227

References

Ardiansyah, A. (2018). Empat Aturan Manajemen Kelas Untuk Perilaku Guru Efektif di Madrasah. Vicratina, 3 (2).
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Degeng. (1989). Ilmu Pembelajaran. Dirjen Dikti.
Drajad, A. (2017). Ulumul Qur’an. Kencana.
Farzain. (2012). Al-Qur’an Bil Qolam. Klaten : Sahabat
Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta
Hidayatullah, M. F. (2019). Model Pendidikan Karakter Sepenuh Hati Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Elementeris, 1(2).
Ramayulius, Arkola. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Shanhaji, Bashori. (2016). Guru Ngaji Langgar. Surabaya: Muara Progresif Surabaya.
Tim Penyusun. (2010). Konsep dan Panduan Teknis Penulisan Qur an Tulis Iqro’ Bil Qolam. Jakarta: Laboratorium Tarbiyatul Alamiin.