Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syafruddin Amir
Muhammad Ridwan Fauzi
Muhammad Isomudin

Abstract

Tahfidz al-Qur’an merupakan suatu proses menjaga dan melestarikan kemurnian kitab suci al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran tahfidz al-Qur’an dengan memeberikan solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada beberapa ustadz dan santri Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum. Kemudian data yang terkumpul, dianalisis dengan teknik analisis data kualiatatif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan pondok pesantren Syamsul ‘Ulum yang menggunakan metode talaqqi dalam pelaksanaannya, 2) Problematika pembelajaran tahfidz al-Qur’an di pondok pesantren Syamsul ‘Ulum adalah rasa malas, kurang fokus, banyak kegiatan, faktor waktu, kurang pembimbing dan faktor lingkungan 3) Solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran tahfidz adalah melawan malas dengan motivasi, memberi target hafalan yang jelas, mengurangi kegiatan ekstrakurikuler sekolah, dan memisahkan asrama

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amir, S., Fauzi, M. R., & Isomudin, M. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 31(2), 108-119. https://doi.org/10.52030/attadbir.v31i2.108

References

Ahmad, Yusuf Al-Hajj. (2018). Mukjizat Al-Qur’an Yang Tak Terbantahkan. Kartasura: PT Aqwam Media Profetika.

Alfarisi, Salman. (2020). Hasil Wawancara Santri Ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 25 Juli 2020.

Al-Hafidz, Ahsin Wijaya. (2000). Bimbingan praktis menghafal al-Qur’an. Wonosobo: penerbit Amzah.

Aziz, Abdul. (2020). Hasil Wawancara Santri Ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 25 Juli 2020.

Haryani, Leni Dwi & Sholeh, Muhtar Arifin. (2019). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Alqur’an Peserta Didik Di Sdit Ulul Al-Bab Weleri. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (2), 47-52.

Marwah, Siti. Hasil Wawancara Santri Ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 25 Juli 2020.

Mulyana, Jajang Rahmat. Hasil Wawancara Pembimbing Tahfidz Ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 24 Juli 2020.

Ridwan Fauzi, Muhammad. (2019). Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Sukabumi. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01 (1), 1-13.

Saodih, Nana. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shihab, M. Quraish. (2005). Tafsir Al-Mishbah Volume 14. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.

Utami & Maharani. (2018). Kelebihan dan Kelemahan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz al-Qur’an Juz 29 dan 30 pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5 (2), 185-192.

Yusuf , Ahmad Muhammad. (2009). Ensiklopedia Tematis Ayat Al-Qur’an dan Hadits Jilid 3. Jakarta: Widya Cahaya.

Zahra, Listy. (2020). Hasil Wawancara Pembimbing tahfidz ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 24 Juli 2020.