Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tahfidz al-Qur’an merupakan suatu proses menjaga dan melestarikan kemurnian kitab suci al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran tahfidz al-Qur’an dengan memeberikan solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada beberapa ustadz dan santri Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum. Kemudian data yang terkumpul, dianalisis dengan teknik analisis data kualiatatif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan pondok pesantren Syamsul ‘Ulum yang menggunakan metode talaqqi dalam pelaksanaannya, 2) Problematika pembelajaran tahfidz al-Qur’an di pondok pesantren Syamsul ‘Ulum adalah rasa malas, kurang fokus, banyak kegiatan, faktor waktu, kurang pembimbing dan faktor lingkungan 3) Solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran tahfidz adalah melawan malas dengan motivasi, memberi target hafalan yang jelas, mengurangi kegiatan ekstrakurikuler sekolah, dan memisahkan asrama
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Alfarisi, Salman. (2020). Hasil Wawancara Santri Ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 25 Juli 2020.
Al-Hafidz, Ahsin Wijaya. (2000). Bimbingan praktis menghafal al-Qur’an. Wonosobo: penerbit Amzah.
Aziz, Abdul. (2020). Hasil Wawancara Santri Ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 25 Juli 2020.
Haryani, Leni Dwi & Sholeh, Muhtar Arifin. (2019). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Alqur’an Peserta Didik Di Sdit Ulul Al-Bab Weleri. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (2), 47-52.
Marwah, Siti. Hasil Wawancara Santri Ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 25 Juli 2020.
Mulyana, Jajang Rahmat. Hasil Wawancara Pembimbing Tahfidz Ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 24 Juli 2020.
Ridwan Fauzi, Muhammad. (2019). Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Sukabumi. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01 (1), 1-13.
Saodih, Nana. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shihab, M. Quraish. (2005). Tafsir Al-Mishbah Volume 14. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.
Utami & Maharani. (2018). Kelebihan dan Kelemahan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz al-Qur’an Juz 29 dan 30 pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5 (2), 185-192.
Yusuf , Ahmad Muhammad. (2009). Ensiklopedia Tematis Ayat Al-Qur’an dan Hadits Jilid 3. Jakarta: Widya Cahaya.
Zahra, Listy. (2020). Hasil Wawancara Pembimbing tahfidz ponpes Syamsul ‘Ulum: Sukabumi, 24 Juli 2020.