Nilai-Nilai Pendidikan dalam Nashaih al-Khaththathin Karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novita Nandayani
Muhammad Ridwan Fauzi
Liah Siti Syarifah

Abstract

Nilai-nilai pendidikan dalam kitab Nashaih al-Khaththathin karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag menjadi sebuah hal yang sangat diperhatikan pada pembelajar dan pengajar kaligrafi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis subtansi, nilai-nilai Pendidikan dalam kitab Nashaih al-Khaththathin Karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag dan implementasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Objek Penelitian yaitu kitab Nashaih al-Khaththathin karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data digunakan teknik analisis isi (content analisis). Hasil penelitian menunjukan bahwa substansi yang terkandung dalam kitab Nashaih al-Khaththathin adalah terkait ilmu kaligrafi melalui pengajaran dengan akhlak yang baik. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kitab Nashaih al-Khaththathin di antaranya yaitu : (a) Nilai religius (b) Nilai moral, (c) Nilai sosial, (d) Nilai ilmiah, (e) Nilai budaya. Adapun implementasi nilai-nilai tersebut pada pembelajaran kaligrafi yaitu guru lebih memberikan nasihat, perhatian dan peringatan kepada para peserta didik bahwa nilai-nilai pendidikan yang ada di dalam kitab Nashaih al-Khaththathin sangatlah penting dan sangat bermanfaat jika diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nandayani, N., Fauzi, M. R., & Syarifah, L. S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Nashaih al-Khaththathin Karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 32(2), 115-132. https://doi.org/10.52030/attadbir.v32i2.148

References

Bahreisj, Hussein. (1981). Ajaran-Ajaran Akhlak Imam Ghazali. Surabaya: Usana Offset Printing.
Endarswara, Suwardi. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Press.
Fitri, Agus Zaenul. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Israr, C. (1955). Sejarah Kesenian Islam Jilid 1. Jakarta: PT. Pembangunan.
Jalaluddin dan Abdullah Idi. (2009). Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nur, Juliar. (2020). Pengertian Nilai Budaya, dalam https://learniseasy.com/pengertian-nilai-budaya/ Diakses Pada 6 Juli 2021. Pukul 12.22 WIB.
Sirojuddin, Didin. (2001). Asah Asuh Huruf Kaligrafi Islam Cet- 1. Jakarta: Studio Lemka.
Sirojuddin, Didin. (2006). Mengenal Sejarah Pesantren Kaligrafi Lemka Sukabumi. Sukabumi: Lemka Press.
Sirojuddin, Didin. (2009). Nashaih al-Khaththathin. Sukabumi: Lemka Press.
Sirojuddin, Didin. (2001). Nuansa Kaligrafi Islam Cet- 1. Jakarta: Studio Lemka.
Soedarso Sp. (2000). Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern. Jakarta: CV Studio Delapan Puluh Enterprise &Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Subur. (2017). Pendidikan Nilai: Telaah Tentang Model Pembelajaran. Insania No. 1, Jan-Apr 2017.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Syaharuddin. (2001). Kaligrafi al-Qur`an Dan Metodologi Pengajarannya. Jakarta: Sabit Kaligrafi Plus.
Syarifah, Liah Siti. (2021). Bagaimana pemasaran jasa pendidikan mempengaruhi pesantren: Efek pada aspek mutu. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9 (1), 34-42.
Tim 7 Lemka. (2002). Pak Didin Sirojuddin Menabur Ombak Kaligrafi: Cuplikan Media. Jakarta: Studio Lemka.
Tim Penyusun. (2020). Materi Ujian Komprehensif. Sukabumi: STAI. Syamsul `Ulum Sukabumi.
Wardani, Griya. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan, dalam http://griyawardani.wordpress.com/2011/05/19/nilai-nilai-pendidikan, diakses pada 2 April 2021, 12:31 WIB.
Yunus, H.A. (1999). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Citra Sarana Grafika.

Most read articles by the same author(s)