Nilai-Nilai Pendidikan dalam Nashaih al-Khaththathin Karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Nilai-nilai pendidikan dalam kitab Nashaih al-Khaththathin karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag menjadi sebuah hal yang sangat diperhatikan pada pembelajar dan pengajar kaligrafi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis subtansi, nilai-nilai Pendidikan dalam kitab Nashaih al-Khaththathin Karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag dan implementasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Objek Penelitian yaitu kitab Nashaih al-Khaththathin karya KH. Didin Sirojuddin AR. M.Ag. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data digunakan teknik analisis isi (content analisis). Hasil penelitian menunjukan bahwa substansi yang terkandung dalam kitab Nashaih al-Khaththathin adalah terkait ilmu kaligrafi melalui pengajaran dengan akhlak yang baik. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kitab Nashaih al-Khaththathin di antaranya yaitu : (a) Nilai religius (b) Nilai moral, (c) Nilai sosial, (d) Nilai ilmiah, (e) Nilai budaya. Adapun implementasi nilai-nilai tersebut pada pembelajaran kaligrafi yaitu guru lebih memberikan nasihat, perhatian dan peringatan kepada para peserta didik bahwa nilai-nilai pendidikan yang ada di dalam kitab Nashaih al-Khaththathin sangatlah penting dan sangat bermanfaat jika diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Endarswara, Suwardi. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Press.
Fitri, Agus Zaenul. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Israr, C. (1955). Sejarah Kesenian Islam Jilid 1. Jakarta: PT. Pembangunan.
Jalaluddin dan Abdullah Idi. (2009). Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nur, Juliar. (2020). Pengertian Nilai Budaya, dalam https://learniseasy.com/pengertian-nilai-budaya/ Diakses Pada 6 Juli 2021. Pukul 12.22 WIB.
Sirojuddin, Didin. (2001). Asah Asuh Huruf Kaligrafi Islam Cet- 1. Jakarta: Studio Lemka.
Sirojuddin, Didin. (2006). Mengenal Sejarah Pesantren Kaligrafi Lemka Sukabumi. Sukabumi: Lemka Press.
Sirojuddin, Didin. (2009). Nashaih al-Khaththathin. Sukabumi: Lemka Press.
Sirojuddin, Didin. (2001). Nuansa Kaligrafi Islam Cet- 1. Jakarta: Studio Lemka.
Soedarso Sp. (2000). Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern. Jakarta: CV Studio Delapan Puluh Enterprise &Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Subur. (2017). Pendidikan Nilai: Telaah Tentang Model Pembelajaran. Insania No. 1, Jan-Apr 2017.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Syaharuddin. (2001). Kaligrafi al-Qur`an Dan Metodologi Pengajarannya. Jakarta: Sabit Kaligrafi Plus.
Syarifah, Liah Siti. (2021). Bagaimana pemasaran jasa pendidikan mempengaruhi pesantren: Efek pada aspek mutu. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9 (1), 34-42.
Tim 7 Lemka. (2002). Pak Didin Sirojuddin Menabur Ombak Kaligrafi: Cuplikan Media. Jakarta: Studio Lemka.
Tim Penyusun. (2020). Materi Ujian Komprehensif. Sukabumi: STAI. Syamsul `Ulum Sukabumi.
Wardani, Griya. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan, dalam http://griyawardani.wordpress.com/2011/05/19/nilai-nilai-pendidikan, diakses pada 2 April 2021, 12:31 WIB.
Yunus, H.A. (1999). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Citra Sarana Grafika.