Gerakan Literasi Sekolah untuk Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik?

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Putri Issyam Tsani
Ahmad Muhajirin
Eli Susilawati
Ferdiansyah Gunawan
Liah Siti Syarifah

Abstract

Program Gerakan litersasi sekolah menjadi upaya yang dilakukan secara menyeluh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program-program Gerakan Literasi Sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMPTQ Al-Matin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui observasi dan wawancara dan data sekunder melaui studi dokumen. Adapun proses analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data yang dalam hal ini digunakan analisis dengan model interaktif. Berdasarkan penelitian SMPTQ Al-Matin telah melaksanakan program gerakan literasi sekolah melalui beberapa kegiatan di antaranya pojok literasi, jurnal membaca, pekan kreasi, karya inovatif dan karya tulis ilmiah. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik sudah cukup baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Issyam Tsani, P., Muhajirin, A., Susilawati, E., Gunawan, F., & Syarifah, L. S. (2023). Gerakan Literasi Sekolah untuk Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik?. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 11-19. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v8i1.196

References

Ahmad, Moh Julkarnain., Adrian, Halim & Arif, Muh. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendais, 3 (1). 1-24.
Anagari, Yesi Wulaning., Sutarno & Khotimah, Khusnul. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2). 96–106.
Anisa, Azmi Rizky., Ipungkarti, Ala Aprila & Saffanah, Kayla Nur. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 01 (1).
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Kandiri, K., & Arfandi, A. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Peserta didik. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(1), 1-8.
KEMDIKBUD. (tt). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
KEMDIKBUD. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Diakses pada 21 Februari 2023 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.
Kurniawan, Agung Rimba., Destrinelli, Destrinelli., Hayati, Suci., Rahmad, Rahmad., Riskayanti, Juwi., Wasena, Intan Sefti & Triyadi, Yanuar. (2019). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3 (2). 48-57.
Lickona, Thomas. (2014). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Peserta didik Menjadi Pintar dan Baik. Cetakan II. Terjemahan S. Lita. Bandung: Nusa Media.
Maunah, Binti. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 5 (1). 90-101.
Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.
Syarifah, Liah Siti. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 1-21.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Most read articles by the same author(s)