Manajemen Program Tahfidz al-Qur’an

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nisya Fauzi Rahmawati
Muhammad Ridwan Fauzi
Kusoy Anwarudin

Abstract

Program tahfizh al-Qur’an telah masuk pada lembaga-lembaga pendidikan formal swasta maupun negeri. Pesantren al-Qur’an K.H. Abullah Syafi’ie Pulo Air Kabupaten Sukabumi merupakan sebuah pesantren al-Qur’an yang memiliki program unggulan mengenai pembelajaran al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana manajemen program tahfidz al-Qur’an di SMA Assyafi’iyah, faktor pendukung dan penghambatnya serta evaluasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui pengamatan/ observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Proses manajemen program tahfidz al-Qur’an di SMA Islam Assyafi’iyah sudah berjalan dengan baik dengan menjalankan semua fungsi manajemen yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasaian, pengimplementasian dan pengawasan untuk terlaksananya Program tahfidz al-Qur’an; 2) Faktor pendukung kegiatan program tahfidz al-Qur’an yaitu tenaga pendidik yang sesuai dengan bidangnya, sarana dan prasarana yang mendukung, kemudian dukungan penuh dari orang tua dan semua pihak terkait. Sementara faktor penghambatnya yaitu hambatan intern yang meliputi kurangnya tenaga pendidik bidang tahfidz sehingga anak kurang terkoordinir dalam proses pembelajaran, serta hambatan pada peserta didik yaitu rasa malas dan bosan. Ada lagi hambatan ekstern yaitu ketika tdak semua orang tua mengzinkan anaknya untuk mengikuti program tahfidz; 3) Evaluasi Program Tahfidz di SMA Islam Assyafi’iyah dilakukan sebanyak 4 (tiga) kali yaitu setiap bulan, triwulan, semester dan yang terakhir setiap tahun. Untuk sasaran evaluasinya yaitu: Kemampuan siswa, metode dan pembelajaran, Pencapaian target siswa dan Keberhasilan lulusan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahmawati, N. F., Fauzi, M. R., & Anwarudin, K. (2022). Manajemen Program Tahfidz al-Qur’an . Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1-16. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/jtt/article/view/157

References

Amir, Syafruddin., Fauzi, Muhammad Ridwan., & Isomudin, Muhammad. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 31, 108–119.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyanti, Khusnul. (2021). Manajemen Tahfidz Al-Qur’an Di SMP N 1 Kembaran Bnyumas. [Skripsi]. IAIN Purwokerto.
Fachrudin, Yudhi. (2017). Pembinaan Tahfizh al-Quran di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16 (02). 325-348.
Fauzi, Muhammad Ridwan. (2019). Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ’Ulum Sukabumi. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 01 (1), 1–13.
Goffar, Abdul. (2016). Manajemen dalam Islam (perspektif al-Qur’an dan Hadist). Islamic Akademika: Jurnal Pendididkan dan Keislaman, 8(1). 35-58.
Hariri, Hasan., Karwan, Dedy & Ridwan, Ridwan. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Hidayat, Rahmat & Wijaya, Candra. (2017). Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (Lpppi).
Kharis, M Khozin. (2017). Kontribusi Program Tahfidzul Qur’an Jurusan Agama Dalam Mengembangkan Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren Ma Al-Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 08 (2). 371-386
Mubarakah, Wardah Wafiyah & Munastiwi, Erni. (2020). Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). 184-194.
Nasution., S. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalimun. (2018). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parana Ilmu.
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Pidarta, Made. (1998). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.
Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sa’adatullah. (2008). 9 cara Praktis Menghafal al-Qur’an. Depok: Gema Insani.
Strauss, Anselm & Corbin, Juliet. (2003). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tafsir, Ahmad (2012). Ilmu Pendidikan Islami, Cet. Ke-2. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, Pasal 1.
Utama, Putra Aditian., Priyatna, Muhamad & Wahidin, Ade. (2020). Upaya Guru Tahfizh dalam Meningkatkan Hafalan al-Quran Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Zamzam Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 02 (2). 1-13.
Wawancara dengan Kasriadi.
Wawancara dengan Muhammad Hifzul Muiz.
Wawancara dengan Wirdah.
Wijaya, Candra & Rifa’i, Muhamad. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.