Optimalisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Elih Yuliah

Abstract

Peningkatan kompetensi Guru PAI di Kota Sukabumi salah satunya dilakukan dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Asumsinya adalah program tersebut dapat meningkatkan kinerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya optimalisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru PAI  di Kota Sukabumi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini menghasilkan tawaran gagasan mengenai optimalisasi PPKB yaitu melalui beberapa tahap berikut (1) Evaluasi diri; (2) Penyusunan profil guru berdasarkan capaian awal; (3) Pengembangan PPKB guru PAI dengan beberapa tahapan pelatihan; (4) Pelaksanaan PPKB PAI sesuai sesuai dengan ketercapaian penilaian awal yang menggambarkan profil guru PAI; (5) Pengawas PAI melakukan evaluasi terhadap implementasi PPKB. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa PPKB dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja Guru PAI secara terukur, sistematis, dan berkelanjutan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuliah, E. (2021). Optimalisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 31(2), 120-138. https://doi.org/10.52030/attadbir.v31i2.105

References

Al-Khalili, Amal Abdussalam. (2006). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Borg, Walter R. dan Gall, M, Damien. (2007). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Dasuki, Ahmad. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru. Manajerial, 9 (17),1-9.

Direktorat Pendidikan Agama Islam. (2016). Rancangan Proyek Perubahan PAI, Jakarta: Kementerian Agama RI.

Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Company.

Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grapindo persada.

Muhaimin. (2013). Rekontruksi Pendidikan Islam. Depok: Raja grafindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Ramli, Tengku Amir. (2005). Menjadi Guru Kaya: Melalui Perubahan Paradigma To Be Quadran. Bekasi: Pustaka Inti.

Rahyasih, Yayah., Hartini, Nani & Syarifah, Liah Siti. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20 (1), 136- 144.

Subhan. (2017). Faktor – Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Kinerja Mengajar Guru Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Di Provinsi Banten, dalam repository.upi.edu, perpustakaan.upi.edu diakses pada tanggal 1 Juli 2020.