Optimalisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Peningkatan kompetensi Guru PAI di Kota Sukabumi salah satunya dilakukan dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Asumsinya adalah program tersebut dapat meningkatkan kinerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya optimalisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru PAI di Kota Sukabumi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini menghasilkan tawaran gagasan mengenai optimalisasi PPKB yaitu melalui beberapa tahap berikut (1) Evaluasi diri; (2) Penyusunan profil guru berdasarkan capaian awal; (3) Pengembangan PPKB guru PAI dengan beberapa tahapan pelatihan; (4) Pelaksanaan PPKB PAI sesuai sesuai dengan ketercapaian penilaian awal yang menggambarkan profil guru PAI; (5) Pengawas PAI melakukan evaluasi terhadap implementasi PPKB. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa PPKB dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja Guru PAI secara terukur, sistematis, dan berkelanjutan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Borg, Walter R. dan Gall, M, Damien. (2007). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Dasuki, Ahmad. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru. Manajerial, 9 (17),1-9.
Direktorat Pendidikan Agama Islam. (2016). Rancangan Proyek Perubahan PAI, Jakarta: Kementerian Agama RI.
Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Company.
Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grapindo persada.
Muhaimin. (2013). Rekontruksi Pendidikan Islam. Depok: Raja grafindo Persada.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Ramli, Tengku Amir. (2005). Menjadi Guru Kaya: Melalui Perubahan Paradigma To Be Quadran. Bekasi: Pustaka Inti.
Rahyasih, Yayah., Hartini, Nani & Syarifah, Liah Siti. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20 (1), 136- 144.
Subhan. (2017). Faktor – Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Kinerja Mengajar Guru Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Di Provinsi Banten, dalam repository.upi.edu, perpustakaan.upi.edu diakses pada tanggal 1 Juli 2020.