Korelasi Salat dan Akhlak dengan Kedisiplinan Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ai Ilis

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan salat dan akhlak terhadap kedisiplinan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana korelasi antara pelaksanaan salat dan akhlak dengan kedisiplinan di kalangan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 2, SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 21 Kota Samarinda tahun pelajaran 2017/2018, sejumlah 2.745 responden. Sampel yang diambil dengan teknik klaster berdasarkan letak daerahnya sebesar 96 peserta didik dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data digunakan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Analisa data menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi. Berdasarkan penelitian, pelaksanaan salat dan akhlak secara simultan memiliki korelasi yang kuat dengan kedisiplinan peserta didik. Melaksanakan salat dengan tepat waktu akan menumbuhkan kedisiplinan, begitupun dengan akhlak yang baik akan menumbuhkan kedisiplinanka. Oleh karena itu tegakkan salat dengan sebaik-baiknya dan terapkan akhlak yang baik dalam kehidupan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ilis, A. (2022). Korelasi Salat dan Akhlak dengan Kedisiplinan Peserta Didik . Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 32(1), 56-68. https://doi.org/10.52030/attadbir.v32i1.121

References

Daradjat, Zakiah. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakata: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. (2009) Al-Qur’an. Bandung: J-Art.
Hanif, A Rifqy & Khobir, Abdul. (2013). Konsep Akhlak Seorang Peserta Didik Dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin (Kajian Kitab Miftah Al Akhlaq). Forum Tarbiyah, 11 (1). 51-64.
Ilis, Ai. (2019). Korelasi Pemahaman Konsep Salat dengan Kedisiplinan Peserta Didik. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 29 (2), 39-57.
Ilis, A. (2020). Korelasi Akhlak terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 35-48.
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Rasyid, Sulaiman. (2007). Fiqih Islam. Bandung: Sinarbaru Algensindo.
Riduwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Subana, Rahadi, Moersetyo & Sudrajat. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung:
Pustaka Setia. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
________. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifah, Liah Siti. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (1), 1-21.
Syeikh, A Karim. (2018). Tatacara Pelaksanaan Shalat Berjama’ah Berdasarkan Hadis Nabi. Jurnal Al-Mu‘ashirah, 15 (2). 177-190.
Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.