Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Keaktifan Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, mengetahui keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran PAI kelas VIII terhadap keaktifan peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Sukabumi. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif dengan metode eksperimen desain pretest-posttest control group design. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang peserta didik. Pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe make a match terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Sukabumi. Hal ini berdasarkan pada hasil pengujian independent sample t-test yang menunjukkan perolehan nilai sig (2-tailed) Equal variances assumed sebesar 0,000 < 0,05, maka menolak Ho dan menerima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Sukabumi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Arends, Richard I. (2012). Learning to teach 9 th ed. New York: McGraww-Hill.
Deci, L. E, & Ryan, M. R. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. New York: Plenum.
Djamaluddin, Ahdar & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi. Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Huda, Miftahul. (2019). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, Anita. (2018). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mulyana, Abdullah. (2018) Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17 (3).
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: CV Alfabeta.