Relevansi Kurikulum Pendidikan Islam terhadap Perkembangan Psikologi Remaja Mengkaji tentang bagaimana keterkaitan antara kurikulum pendidikan islam dengan perkembangan psikologi remaja Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dudun Najmudin
Ilham Pebrian

Abstract

Fenomena psikologis remaja di era globalisasi menghadirkan tantangan baru bagi lembaga pendidikan, khususnya Madrasah Aliyah, dalam membentuk kepribadian yang utuh dan resilien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi kurikulum Pendidikan Islam terhadap perkembangan psikologis remaja, dengan fokus pada aspek afektif dan spiritual yang selama ini kurang mendapatkan perhatian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik di MA Mazro’atul Ulum Citiis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, melibatkan guru PAI, kepala madrasah, konselor, siswa kelas XI XII, serta orang tua siswa yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam yang memuat nilai-nilai akhlak, sabar, dan ketabahan mampu merespons kebutuhan psikososial remaja, khususnya dalam menghadapi stres, krisis identitas, dan tekanan akademik. Pendekatan pembelajaran yang kontekstual, seperti penggunaan kisah Nabi dan refleksi nilai keagamaan, terbukti membangun kesadaran emosional serta stabilitas mental siswa. Program mentoring rohani, dzikir pagi, dan pemantauan akhlak menjadi strategi efektif dalam menciptakan lingkungan madrasah yang kondusif secara psikologis. Kolaborasi antar guru, konselor, dan kepala madrasah memperkuat fungsi kurikulum sebagai medium pembentukan karakter spiritual dan emosional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Najmudin, D., & Pebrian, I. P. (2025). Relevansi Kurikulum Pendidikan Islam terhadap Perkembangan Psikologi Remaja . Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 35(2), 11-27. https://doi.org/10.52030/attadbir.v35i2.417

References

Atika Asna, D. F. (2025). Inovasi Pendidikan Nusantara Inovasi Pendidikan Nusantara. 6(1), 1–12.
Bahri, S., Sakdiyah, H., & Tanjung, H. B. (2024). Relasi guru dengan murid dalam perspektif pendidikan Islam. 17(2), 473–494. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2
Bone, A. A., Agata, N., Padang, R., & Lisu, D. (2024). Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal ( JIPKL ) Pendidikan Agama Kristen Berbasis Narasi : Membangun Karakter Melalui Cerita Alkitab Nehemia 1-6. 4(5), 391–404.
Fadilah, F., & Tohopi, R. (2020). Fitrah dalam Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(2), 226–265. https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i2.1814
Hamami, T. (2025). Integrasi Asas Psikologi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Integration of Psychological Principles in Islamic Education Curriculum Development. 22(1), 163–175.
Hamu, F. J. (2023). Mengelola Kemampuan Belajar Yang Agile, Adaptif Dan Transformatif. In Badan Penerbit Stiepari Press.
Harahap, E. (2023). Menggali Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Transformatif: Membangun Kesadaran Spiritual dan Kemandirian Berpikir. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 113–127. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.427
Hidayatullah, E. (2024). Rekonstruksi Konseptual Pendidikan Holistik: Pendekatan Fenomenologis terhadap Inklusivitas dan Kesadaran Sosial. Jurnal Studi Edukasi Integratif, 1(1), 55–68.
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Indah Kirana, S. (2024). Self Healing Dalam Al- Qur ’ An ( Analisis Surah Al -Baqarah Ayat 153 Perspektif Sayyid Quthb )Indah Kirana Dosen , UIN Sumatera Utara , Sumatera Utara , Indonesia Sulidar Dosen , UIN Sumatera Utara , Sumatera Utara , Indonesia Abstrak. 18(6), 4109–4122.
Ismail, Z. (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menguatkan Moral Karakter Siswa Dengan Metode Narasi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 17(1), 68–78.
Jailani, M., Wibowo, H., & Fatimah, S. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 145.
Jitu, M., Agil, A., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2025). Penguatan Strategi Pembelajaran Kolaboratif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Kecerdasan Sosial Siswa. 2(April).
Judrah, M., & Arjum, A. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. 4(1), 25–37.
Kalalo, J., Suoth, V. N., Komaling, O. N., & Timbuleng, N. M. (2025). Pendekatan Holistik Pendidikan Agama Kristen dalam Hubungannya dengan Psikologi Remaja. 6(1), 65–75.
Liana, N. (2024). Pendekatan Humanisme Dan Konstruktivisme Untuk Penguatan Karakter Islami di Era Digital. 01(02), 1–14.
Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847
Maulida, A. R., Wibowo, H., & Rusyidi, B. (2023). Rancang Bangun Model Pengembangan Kegiatan Pendampingan Sosial Pada Remaja Generasi Z Dalam Mengatasi Krisis Identitas. Share : Social Work Journal, 13(1), 92. https://doi.org/10.24198/share.v13i1.46633
Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif.
Muhid, A., Asnawi, A., & S. A. P., R. S. (2018). Pendidikan Moral melalui Pembelajaran Kitab Alfiyah ibn Malik di Pondok Pesantren Langitan Tuban. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 106–126. https://doi.org/10.15642/jpai.2018.6.1.106-126
Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549
Nadzir, A. I., & Wulandari, N. W. (2013). Hubungan religiusitas dengan penyesuaian diri siswa pondok pesantren. Jurnal Psikologi Tabularasa, 8(2), 698–707. https://www.jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/213%0Ahttps://www.jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/download/213/84
Nalva, M. F., Yusuf, M. T., & Amri, M. (2019). Penerapan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SMA Negeri 1 Tikke Raya Kab. Mamuju Utara. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 239–251.
Nasution, K. U. U. (2023). Dakwah Adaptif: Menyiasati Tantangan Komunikasi Islam Di Lingkungan Pendidikan Multikultural Kapsan Usman Utomo Nasution *. 4(2), 65–85.
Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 313. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048
Normawati, S. (2025). Menakar Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Pendidikan Modern. 619–625.
Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 85–91. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3607
Nurulhajj, F. A., & Ariska, M. (2025). Transformasi Pemikiran Siswa Melalui Pendekatan Rasional-Kritis Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. 1(1), 31–41.
Panjaitan, S., Berutu, N., Hutagalung, P., & Pasaribu, A. G. (2024). Implementasi Strategi Pengajaran PAUD Menurut Kitab Amsal Dalam Penanaman Nilai-nilai Spiritual Anak Usia Dini. 1(1), 1–18.
Pattiasina, P. J. (2024). Pendidikan karakter (Issue March).
Ramadhan, D. N., & Darwis, R. S. (2023). Analisis Fenomena Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Berdasarkan Teori Sistem Ekologi. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 6(2), 241–249. https://doi.org/10.24198/focus.v6i2.52460
Ramadhani, N., & Prastowo, A. (2024). Desain Pengembangan Kurikulum Untuk Memproses Pembelajaran yang Berkualitas di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3769–3784.
Ristianti, D. H., & Azwar, B. (2024). Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Siswa Di Smpit an-Nida. 103–117.
Ruimassa, A. A. (2023). Memahami Psikologi Perkembangan Remaja sebagai Upaya Merencanakan Pelayanan Pastoral yang Peka Kesehatan Mental Remaja. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 7(2), 769–784. https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.845
Salawali, S. H., Irfah, A., & Lambana, F. M. (2025). Hubungan Dukungan Keluarga dan Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Bullying pada Remaja Sekolah Menengah Pertama The Relationship Between Family Support and Peer Role in Bullying Behavior Among Junior High School Adolescents. 8(1), 937–948. https://doi.org/10.56338/jks.v8i1.7055
Saputra, A., Lubis, S. A., & Mental, K. (2025). Transformasi Pendidikan Islam Berbasis Kesehatan Mental Holistik. 1(4), 78–93.
Saputri, Y. W., Rhodinia, S., & Setiawan, B. (2024). Dampak Globalisasi Terhadap Perubahan Gaya Hidup di Indonesia. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(5), 208–217. https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI
Sari, A. W., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Jurusan Dan Daerah Asal Serta Implikasi. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(2), 37. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p37-42
Simamora, E., & Simamora, Cecilia, Putri Hutasoit, H. T. (2025). Psikologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PAK. 2(1), 426–433.
Syahrir, H. F. A. (2024). Pendekatan Efektif Untuk Menangani Kenakalan Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Allu. 10(04), 212–225.
Tanto, O. D., Weyara, S., Saputri, D., Hapsari, S. M., Tittandi, N. A., Zulaikhah, S., & Jember, U. (2024). Interpertasi Fungsi Pendidikan Informal sebagai Dasar Penyelenggaraan Pembelajaran PAUD. 4(20), 1525–1538.
Taufik Hidayat, A., Yasser Mansyur, A., Sagir, A., Mardiah, A., Magfirah, A., Lestari Kadiyono, A., Fitriah, A., Harding, D., Aprilia, D., Mahriani, E., Kumala Dewi, E., Sakdiah, H., Nuraini, H., Mz, I., Sabriani Borualogi, I., Marhani, I., Umi Sholihah, K., Fadhila, M., Hasan, M., … Rusyda Hinduan DAN, Z. (2021). Covid-19 dan Psikologi Islam (Issue June).
Yuliana, Sayan Suryana, S. (2024). ARTICLE Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang. 4(4), 364–369.
Yusuf, M., Shohibul Aziz, M., & Hamdi, M. (2024). Pendidikan Islam Sebagai Agen Transformasi Di Era Vuca. Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 10(1).
Zulkifli, & STIT. (2025). Membangun Pembelajaran Bahasa Inggris Bermakna. 1(1), 12–19.