Efektifitas Penilaian Portofolio dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penilaian portofolio merupakan salah satu bentuk evaluasi autentik yang memberikan gambaran menyeluruh mengenai proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MAS Al-Mansuriyah serta menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian portofolio dilakukan secara terstruktur dan bertahap. Guru melibatkan siswa dalam penyusunan dan pengumpulan tugas yang mencerminkan proses berpikir, kreativitas, dan tanggung jawab. Penilaian ini terbukti meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Namun, tantangan tetap muncul, seperti kebutuhan waktu yang lebih panjang dan perlunya pendampingan intensif oleh guru. Penilaian portofolio juga mendukung pengembangan karakter seperti kemandirian, refleksi diri, dan berpikir kritis. Dengan demikian, penilaian portofolio dapat dijadikan strategi evaluasi yang efektif dan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The author retains copyright is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Brookhart, S. M., & Nitko, A. J. (2018). Educational assessment of students. Human Movement Science, 53(1), 1689–1699.
Evita Wulandari, K., Suarni, K., & Tanggu Renda, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran make a match berbasis penilaian portofolio terhadap hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(3), 240. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16261
Magdalena, I., Aciakatura, C., Putri, W. A., & Azzizah, F. N. (2023). Efektivitas pembelajaran menggunakan penilaian portofolio. Tsaqofah, 3(5), 802–815. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1383
Magdalena, I., Inayah, S. W., Sahidah, N., & Fitri, R. D. (2023). Analisis dampak penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Taman Cibodas. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4). 132-152.
Muliastuti, L. (2009). Penyusunan portofolio guru sebagai instrumen sertifikasi guru. Seminar Pendidikan Nasional. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9824/5/PENYUSUNAN%20PORTOFOLIO%20GURU%20SEBAGAI%20INSTRUMEN%20SERTIFIKASI%20GURU.pdf
Najmudin, D., & Ain, S. Q. (2024). Penilaian portofolio sebagai instrumen pengukuran kompetensi peserta didik. Celebes Journal of Elementary Education, 2(1), 1–23.
Nuraeni, Z. (2019). Implementasi penilaian berbasis portofolio untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa semester 1 Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Gantang, 4(1), 79–85. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.797
Patni, L. D. P., Parwati, N. N., & Suharta, I. G. P. (2019). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR disertai penilaian portofolio. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2810
Paulson, F. L., Paulson, P. R., & Meyer, C. A. (1991). What makes a portfolio a portfolio? Educational Leadership. http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_199102_paulson.pdf
Qomariyah, R. S., Wulandari, Y., Susilowati, D. A., Panca, U., & Probolinggo, M. (2022). Efektivitas penggunaan penilaian dalam bentuk penilaian portofolio sebagai metode evaluasi pembelajaran bagi peserta didik SDN Sukabumi 6 Kota Probolinggo. Jurnal Multilingual, 3(1), 1412–4823.
Rosmani. (2016). Peningkatan partisipasi belajar siswa kelas IV dengan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran PKn. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 21–28. http://jurnal.iicet.org