Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fenty Setiawati

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di sebuah Lembaga Pendidikan membutuhkan kurikulum. Ketika terjadi perubahan pada kurikulum, dibutuhkan sebuah proses yang melibatkan seluruh stake holder, bermula dari munculnya kesadaran bahwa perubahan itu selalu terjadi  dalam siklus kehidupan bermasyarakat. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Data diambil dari bahan-bahan materi yang bersumber dari buku, jurnal dan sumber lainnya yang terkait dengan  pendidikan terutama bidang kurikulum. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu content analysis. Hasil kajian menunjukan bahwa sistem pendidikan Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum dapat membawa dampak positif dan negatif bagi kualitas sebuah pendidikan. Dampak positifnya yaitu pelajar dapat belajar dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Sementara dampak negatifnya adalah perubahan kurikulum yang begitu cepat menimbulkan masalah-masalah baru seperti menurunnya prestasi peserta didik. Berdasarkan bahasan, dapat disimpulkan bahwa perubahan kurikulum perlu disikapi dengan menjadikannya cambuk  untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan mampu bersaing dalam Dunia Pendidikan baik di tingkat nasional maupun internasional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-17. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.124

References

Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda karya.

Crow, Lester D. & Crow, Alice. (1958). Educational Psychology. New York: American Book Company, Rivesed Edition.

Elmore, R & Sykes, G. (1992). Curriculum policy. In Philip W. Jackson (Ed.), Handbook of research on curriculum: A project of the American.

Langgulung, Hasan. (2003). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka AlHusna Baru.

Lundeberg, M.A., and Levin, B.B. (2003). Prompting the development of preservice teachers: beliefs through cases, action research, problem-based learning, and technology", in J Raths and A McAninch (eds), Teacher Beliefs and Classroom Performance: The Impact of Teacher Education, Information Age Publishing. Greenwich: CT.

Nasution. (2009). Asas- asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Richard, Jack C. (2001). Curriculum Development Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Soetopo, Hendyat & Soemanto, Wasty. (1991). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syahril & Ilyas, Asmidir. (2009). Profesi Pendidikan. Padang: UNP Press.

Yuliah, Elih. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129-153.

Most read articles by the same author(s)