Penafsiran Fakhr Al-Dîn Al-Râzî pada Konsep Maqâmât dalam al-Tafsîr al-Kabîr

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aramdhan Kodrat Permana

Abstract

Artikel ini membahas tentang penafsiran Fakhr al-Dîn al-Râzî terhadap konsep maqâmât ala al-Ghazâlî dalam tafsir tafsirnya, al-Tafsîr al-Kabîr. Artikel ini merupakan kelanjutan dari “Nuansa Tasawwuf dalam Surah al-Fâtihah: Analisis Mafâtîh al-Ghaib” dan ditulis untuk mempertegas nuansa tasawwuf dalam tafsir al-Râzî. Dengan menggunakan library research dan analisis konten dan komparatif, hasil dari penelitian ini : 1) dari sisi sumber al-Râzî menggunakan banyak sumber sufistik, semisal al-Ghazâlî, al-Kubrâ, Dzû Nûn al-Mishr dan al-Syiblî, 2) al-Râzî secara konsisten menggunakan metode munâsabah dâkhiliyyah ketika menafsiran konsep maqâmât, 3) awal dan muara maqâmât versi al-Râzî adalah Allah swt.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Permana, A. K. (2023). Penafsiran Fakhr Al-Dîn Al-Râzî pada Konsep Maqâmât dalam al-Tafsîr al-Kabîr. Jurnal At-Tatbiq: Jurnal Ahwal Al-Syakhsiyyah , 8(1), 64-86. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/Attatbiq/article/view/205

References

Al-Ghazâlî, Abû Hâmid. (tt). Ihyâ ‘ulûm al-Dîn/ Beirut: Dâr al-Ma‟rifah.
Ali, Mukti. (2015). Islam Madzhab Cinta: Cara Sufi Memandang Dunia. Bandung: Mizan
Al-Kubrâ, Najm al-Dîn dan al-Simânî. (2009). al-Ta’wîlât al-Najmiyyah ed. Ahmad Farîd al-Mizyâdî. Beirut: Dâr al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Mahdî, Jûdah Muhammad Abû al-Yazîd. (2007). al-Ittijâh al-Sûfî inda aimmah tafsîr al-Qurân al-Karîm. al-Qâhirah: Dâr al-Jûdiyyah.
Al-Qusyairî, Latâif al-Isyârât ed. (2007). Abd al-Latîf Hasan Abd al- Rahman. Lebanon: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Râzî, Fakhr al-Dîn. Kitâb al-Nafs wa al-Rûh wa syarh Quwwâhumâ ed. Muhammad Sagîr Hasan al-Ma‟sûmî. Karachi dan Lahore: Industries Printing Press dan Ripon Printing Press
_______. (tt). Mafâtîh al-Ghaib. Beirut: Dâr al-Fikr.
Al-Tustarî, Muhammad Sahl. (2004). Tafsîr al-Qur’ân al-‘Azîm ed. Tâhâ ‘Abd al-Ra‟ûf Sa‟d dan Sa‟d Hasan Muhamamd Alî. al- Qâhirah: Dâr al-Haram li al-Turâts.
Ghurab, Mahmûd Mahmûd. (1992). al-Hubb wa al-Mahabbah al-Ilâhiyyah. Damaksus: Dâr al-Ma’rifah.
Mutamam, Hadi. (2010). Maqam-Maqam Sufi Studi Tafsir Mafatih al-Ghaib. Yogyakarta: al-Manar.
Permana, Aramdhan Kodrat. (2022). Nuansa Tasawwuf dalam surah al-Fatihah: Analisis Mafâtîh al-Ghaib karya Fakhr al-Dîn al-Râzî” dalam Jurnal al-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30 (1).
Sand, Kristin Zahra. (tt). Sufi Commentaris on the Qur’an in Classical Islam. London and Newyork: Routledge.
Al-Qusyairî, Latâif al-Isyârât. (2007). ed. Abd al-Latîf Hasan Abd al- Rahman. Lebanon: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.