Pengaruh Model Number Head Together (NHT) terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penggunaan sebuah model dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) begitu penting bagi guru agar dalam proses pembelajaran pesrta didik aktif, keaktifan belajar peserta didik merupakan dambaan guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Maka dilakukan penelitian agar menjawab masalah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini, untuk memberikan penjelasan bahwa model Number Head Together (NHT) berpengaruh terhadap keaktifan bejaran peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam As-Syafi’iyah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperiment dengan pendekatan survey. Adapun populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam As-Syafi’iyah, dengan jumlah sampel 41 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis perangkat lunak Ms. Excel dan SPSS persi 26. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model Number Head Together (NHT) memberikan dampak yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik, hal ini didukung dengan nilai ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? (19,002 > 2,042) pada taraf signifikasi 0,05, maka menolak ???????? dan menerima ????????. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Number Head Together (NHT) sangat tepat diimplementasikan dalam proses pembelajaran agar peserta didik aktif dalam belajar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1). 33.
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97
Murwanto, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head-Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 14. https://doi.org/10.35580/sainsmat91141872020
Nurdyansah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Ibtiaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 929–930. http://eprints.umsida.ac.id/1610
Pratiwi, Kristanto, 2014. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B. Journal.Upgris.Ac.Id, 18–39. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/513
Pratiwi, C. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantuan Media Mind Map untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Guru Kita PGSD, 2(3), 116. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10393
Purnomo, E., & Suhendra, E. S. (2020). Analisis masa kerja dan promosi terhadap kinerja karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(1). 32–43. https://doi.org/10.29407/nusamba.v5i1.13801
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran(Pendidikan Dasar). Journal.Stitaf.Ac.Id, 09(02). 193–210.
Saputra, R. (2018). Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Organisasi Satuan Polisi Taruna Terhadap Pembentukan Karakter Islami di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan. 1–115. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/278
Seriani, N. M., & Dibia, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vb Sd No. 2 Dalung. Journal of Education Action Research, 1(3), 210. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12685
Sirajuddin. (2016). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 6. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88
Wacker, B. L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. 15, 2011–2013.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621.