Tantangan dan Peluang dalam Perencanaan Pendidikan Berkelanjutan di Era Globalisasi Bahasa Indonesia Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Hasanah Ismatullah

Abstract

Perencanaan pendidikan yang berkelanjutan memainkan peran kunci dalam menciptakan sistem pendidikan yang responsif terhadap dinamika global yang terus berubah. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam pendidikan di era globalisasi, seperti ketidakmerataan akses, kualitas pendidikan yang bervariasi, dan kebutuhan untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis studi literatur untuk menggali tantangan tersebut, serta mengidentifikasi peluang perbaikan, termasuk pengembangan kurikulum adaptif, kemitraan multi-stakeholder, dan fokus pada pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan berkelanjutan dapat memperkecil kesenjangan pendidikan, mendorong inovasi dalam metode pembelajaran, dan meningkatkan keadilan sosial. Dengan pendekatan holistik dan kolaboratif, pendidikan berkelanjutan berpotensi memberdayakan individu dan masyarakat, mempersiapkan mereka untuk menghadapi perubahan global yang semakin cepat. Temuan ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan responsif terhadap tantangan abad ke-21.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ismatullah, N. H. (2025). Tantangan dan Peluang dalam Perencanaan Pendidikan Berkelanjutan di Era Globalisasi. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 35(01), 61-73. https://doi.org/10.52030/attadbir.v35i01.365

References

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8(2), 173-184. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Basri, H. (2023). Dampak Globalisasi Terhadap Sistem Pendidikan: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam 1(1):128-143 DOI:10.62086/al-murabbi.v1i1.446
Hariyanti, D. P.D., Fakhruddin., Kardoyo., Arbani, M. (2023). Menuju Era Globalisasi Pendidikan: Tantangan dan Harapan Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 2023: 222-225, Semarang, Indonesia
Indriyani, S., Afandi & Wahyuni, E. S. (2021). Literasi Lingkungan Dan Kesadaran Lingkungan: Potensi Dan Tantangan Dalam Pendidikan Abad 21. Conference: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTAN 2020 Volume 02, Pontianak, Indonesia
Isma, Andika., Isma, Adi., Isma, Aswan & Isma, Ardian. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan 1(3). 11-28
Istiarsono, Z. (2021). Tantangan Pendidikan Dalam Era Globalisasi:Kajian Teoretik. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 19–24. https://intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/78
Jaya, Hendra., Hambali, M.., Fakhrurrozi. (2023). Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6(4), 2416-2422, P-2655-710X e-ISSN 2655-6022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Nugraha, Alifian. (2019) Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan Di Era Revolusi Industri 4.0, Majalah Ilmiah Pelita Ilmu https://doi.org/10.37849/mipi.v2i1.118
Oktarina, N. (2019). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Journal of Chemical Manusia Information and Modeling, 53(9), 189–198
Pattinasarany, I. R. & Kurniawan, K. N. (2021). Kesenjangan dan Pendidikan di Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/351563822_Kesenjangan_dan_Pendidikan_di_Indonesia
Prakoso, Ciptono Yoga., Nugraheni, Nursiwi. (2024). Tantangan dan Prospek Pendidikan Berkelanjutan di Era Global: Menuju Masa Depan yang Berkelanjutan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2(4), 515-519 E-ISSN: 2986-6340 DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.11255909
Syahrianti. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ) 4(2), 22-26, E-ISSN:2721-9798 DOI: 10.556442
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Yolanda, D. D., & Junaidi, J. (2023). Perencanaan Program Kesiswaan Yang Berkelanjutan Dalam Menyongsong Tuntutan Era Digital. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.37348/aksi.v2i1.315

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'