Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Ekosistem Pendidikan. Metode yang digunakan adalah quasi-experimental dengan pretest – posttest control group design. Sampel terdiri atas dua kelas mahasiswa, yaitu kelompok eksperimen (menggunakan model Discovery Learning) dan kelompok kontrol (metode konvensional), dengan total peserta sebanyak 40 orang. Instrumen berupa tes esai berpikir kritis dan rubrik analisis berdasarkan indikator seperti memberikan alasan, membuat inferensi, menganalisis argumen, mengevaluasi informasi, dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, lalu dianalisis dengan independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada posttest dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah Ekosistem Pendidikan dengan nilai signifikansi p < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa model Discovery Learning efektif dalam melatih mahasiswa untuk berpikir kritis melalui tahap-tahap memberikan alasan, membuat inferensi, menganalisis argumen, mengevaluasi informasi, dan menarik kesimpulan. Efektivitas penerapan model ini meningkat bila dosen berperan sebagai fasilitator yang memberikan scaffold, umpan balik berkelanjutan, dan bimbingan, bukan hanya sebagai penyampai materi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The author retains copyright is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmed, Sadaf & Ahmed, & Sultan, Sohaib & Kousar, Mamoona & Basit, Hafiz & Zaid, Raham & Bano, Sidra. (2023). Effectiveness Of Teacher's Centered Approach On Student's Learning At University Level. 6 no 10. 415-428.
Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21–32.
Fathurrohman, M. (2023). Implementasi Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 45–56.
Fatmawati, Ayu Widya., Yohamintin., Gumala, Yosi. (2025). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 8 Nomor 2, 2025 | 4524, P-2655-710X e-ISSN 2655-6022
Gunawan, Didik., Soekamto, Hadi., Sahrina, Alfi., Suharto, Yusuf. (2023). Pengaruh model Discovery Learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 2023, 626-635 ISSN: 2797-0132(online) DOI:10.17977/um063v3i62023p626-635.
Hamdani, M., Prayitno B.A., Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, Volume 16 November 2019, Nomor 1 Halaman 139- 145 p-ISSN:2528-5742
Hariyanto, Siti Roudlotul Hikamah, & Nasruliyah Hikmatul Maghfiroh. (2024). Discovery Learning Model Integrated RQA to Improve Critical Thinking Skills, Metacognitive Skills and Problem-Solving Through Science Material for Junior High School Students. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(4), 287–294. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.04.25
Lestari, Ulsana Puji., Wijayanti, Agustina Tri., Mardiyah, Sri Umi (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas IIIB SDN Jogosimo Tahun Ajaran 2020/2021. Educatif : Journal of Education Research 5(1), 2023, 197-201, http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif
Nurrohmi, Yusnia., Utaya, Sugeng., Utomo, Dwiyono Hari. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 2 Nomor: 10 Bulan Oktober Tahun 2017 Halaman: 1308—1314, http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X
Oktaviani, Ratna., Hadiyanti, Agnes Herlina Dwi., Saptoro, Albertus. (2021). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Ketelitian dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 6, Nomor 2, Juni 2021, pp 73-85 www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/edudikara ISSN p-ISSN: 2541-0261 e-ISSN: 2745-9969 https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.236
Ramadhana, Nurhikma & Qamariah, Nur & Saphira, Hanandita. (2025). The Implementation of the Discovery Learning Model Using Higher Order Thinking Skills Booklet Media on Students' Critical Thinking Ability. IJORER : International Journal of Recent Educational Research. 6. 33-42. 10.46245/ijorer.v6i1.725.
Saputra, Indrian., Anita, Fitri. (2025). Model Inovasi Pembelajaran PAI di Era Digital: Desain Efektif Model Flipped Learning. Insight: Indonesian Journal of Science Review, Vol. 1 No. 1 Mei 2025, pp. 45~54
Saraswati, Putu Manik., Agustika, Gusti Ngurah Sastra. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 4, Number 2, 2020 pp. 257-269 P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174
Winarti, Endang Retno., Waluya, Budi., Rochmad. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Dengan Peer Feedback Activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.5, No.2, hal 197-207 http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Yuliani, Y., Hasanuddin, H., Safrida, S., Khairil, K., & Pada, A. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Dipadu Modul Sistem Ekskresi Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 376-390. doi:https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.19965