Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Didin Muhidin
Hilyas Hibatullah Abdul Kudus

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini merupakan salah satu langkah yang menurut peneliti diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sejalan dengan prosedur dan langkah PTK untuk mengukur keberhasilan tindakan, instrumen dibagi menjadi dua bagian, yaitu Tes dan Non Tes. Hasil penelitiannya yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 MAS Syamsul Ulum Kota Sukabumi pada materi Logika Matematika, hal ini terlihat dari hasil ulangan harian yang meningkat pada setiap siklusnya. Suasana belajar siswa juga pada umumnya bersifat positif dilihat dari jurnal harian siswa. Aktifitas siswa dalam pembelajaran baik, terutama dalam aktifitas kelompok siswa bisa bertukar pendapat dengan teman sekelompoknya, lebih berani bertanya tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan dapat mengemukakan pendapatnya dengan cara yang tepat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhidin, D., & Abdul Kudus, H. H. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT . Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 35-42. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/jtt/article/view/236

References

Amin, Suyitno. (2006). Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, S. Suharjono dan Supardi. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2005). Matematika (Materi Pelatihan Terintegrasi). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hudoyo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : JICA.
Karso. (2002). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Karso. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (Bahan Seminar PTK dalam MGMP Matematika SMA Kabupaten Bogor). Tidak diterbitkan.
Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Slavin, R.E. (2009). Kooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudirman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukoriyanto. (2001). Langkah-langkah dalam Pembelajaran Matematika. Semarang: UNNES.