Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Islam
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Islam merupakan sumber utama dalam membentuk pribadi seorang muslim yang baik. engan berlandasankan al-Qur’an dan as-Sunnah, Islam mengarahkan dan membimbing manusia ke jalan yang diridhoi oleh Allah SWT dengan membentuk kepribadian yang berakhlakul karimah. Tujuan penelitian ini membahas implementasi bimbingan konseling dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen). Berdasarkan kajian, dengan pendekatan Islami pelaksanaan konseling akan mengarahkan klien kearah kebenaran dan membimbing hati, akal dan nafsu manusia untuk menuju kepribadian akhlakul karimah yang telah terkristalisasi oleh nilai-nilai ajaran Islam.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Bakari, Hamdani. (2002). Konseling Dan Psikoterapi Islam. Yogyakarta : Fajar Pustaka.
Farisi, M. I. (2010). Pengembangan Asesmen Diri Peserta didik (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Artikel disampaikan pada Konferensi Ilmiah Nasional Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa. HEPI UNESA 2012.
Hallen, A. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Quantum Teaching.
Nurmelly, Nelly. (2011). Peran Agama dalam Bimbingan dan Konseling. Palembang: Widyaswara Muda.
Natawidjaja, Rohman. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.
Prayitno & Emran, Amti. (1999). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.
_____________________ . (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta. (Revisi II).
Syaodih, Nana. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tobroni. (2008). Pendidikan Islam, Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang : UMM Press.