Perubahan Kurikulum dan Implikasinya terhadap Mutu Pembelajaran
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perubahan kurikulum seringkali dipicu oleh perkembangan teknologi, perubahan sosial, dan kebutuhan ekonomi yang terus berkembang. Perubahan kurikulum telah mengubah lingkungan pembelajaran di berbagai sekolah. Penelitian ini mengkaji perubahan kurikulum yang diterapkan di SMA Islam As-Syafi'iyyah di Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi, dengan fokus pada dampaknya terhadap mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen kurikulum yang baru, observasi kelas, dan wawancara dengan warga sekolah. Sementara pengolahan data melibatkan tahapan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dalam bentuk naratif, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum telah berkontribusi positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah tersebut, dengan peningkatan signifikan dalam prestasi siswa dan penguatan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan panduan berharga bagi pengambil kebijakan pendidikan dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum yang berfokus pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah-sekolah serupa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ahmadi. (2013). Manajemen Kurikulum; Pendidikan kecakapan hidup. Yogyakarta: Pustaka Ifada.
Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda karya.
Cipto, Bambang. (2005). Pendidikan, Politik dan Kekuasaan. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Elmore, R & Sykes, G. (1992). Curriculum policy. In Philip W. Jackson (Ed.), Handbook ofresearch on curriculum: A project of the American Educational Research Association. New York: Macmillan.
Langgulung, Hasan. (2003). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka AlHusna Baru.
Lundeberg & Levin. (2003). “Prompting the development of preservice teachers"beliefs through cases, action research, problem-based learning, and technology”, in J Raths and A McAninch (eds), Teacher Beliefs and Classroom Performance: The Impact of Teacher Education. Greenwich: Information Age Publishing. hal. 23-42.
Mujib, Abdul. (2009). Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Kencana.
Nasution. (2009). Asas- asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Putra, Nusa. (2013). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Ifada.
Soemanto, S. d. (1991). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yohanes Sogar Simamora. (2016). Hukum Pendidikan Nasional Indonesia, Surabaya: Airlangga University Press